Cara Mengganti Hostname di Kali Linux

Cara Mengganti Hostname di Kali Linux

Cara Mengganti Hostname di Kali Linux | 404 Not Found - Setiap komputer memiliki nama yang berbeda, nah dari nama-nama komputer inilah setiap komputer diberikan sebuah hostname untuk membedakan setiap nama dari komputer tersebut.
Sama halnya dengan DNS atau alamat-alamat website. Dari sekian banyaknya alamat website yang ada, mereka semua memiliki nama masing-masing, yang mana setiap nama tersebut memiliki identitas sendiri sebagai pembeda dari alamat website yang lainnya.

Yosh, nggak perlu panjang lebar ane jelasinnya. Intinya hostname itu pemberian nama dari setiap komputer ente didalam jaringan dan layanan tersebut berjalan pada protokol NetBIOS, biar bisa dibedain tuh, ini loh komputer saya, iniloh komputer kamu. Daripada harus ngehapalin IP yang bejibun angka-angka, hhaha.

Wokeh, check these out yoo, cara mengganti hostname di kali linux:
  1. Buka terminal, terus login sebagai root, ketik aja perintahnya "sudo su" (gak pake tanda petik), terus masukin password ente.
  2. Edit file hosts dan hostname, bisa di edit pake editor kesayangan ente, disini ane pake editor gEdit, ente bisa menyesuaikan sendiri kan. Perintahnya, "gedit /etc/hostname" terus enter. Sebagai contoh, hostname ane disini adalah kali, jadi ente ganti aja nama hostname ente terserah mau diganti apa, kalo udah, jangan lupa di save. Sama juga dengan edit host, ente ganti nama host ente ye, inget nama hostnya doang, yang laen nggak usah diganti, kalo nama host ane sendiri kan kali. Perintahnya "gedit /etc/hosts".
  3. Setelah ente ngedit hosts tadi, di save terus restart, perintahnya "reboot". Nah, sekarang ente liat sndiri kan, past login aja hostname-nya udah berubah, dan taaadddaaa, punya ane juga berubah tuh, yang awalnya nama hosts ane "kali", sekarang berubah jadi "404 Not Found", ye ye ye ye ye, hhahaha..

Yosh, cuma itu aja caranya, gampang banget kan, jadi ente gak perlu harus install ulang lagi kalo mau gak hostname, hhohoho. Selamat mencoba dan "GANBATTE KUDASAI".


Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA