Mengatasi PowerShell Tidak Bisa Dibuka Di Windows 10

Mengatasi PowerShell Tidak Bisa Dibuka Di Windows 10

PoweShell atau Windows PowerShell yang sebelumnya dinamai Microsoft Shell merupakan sebuah command-line interface atau CLI (antarmuka baris-perintah) dan bahasa scripting yang sedang dikembangkan oleh Microsoft. Jika sobat pengguna Linux atau pernah menggunakan Linux, PowerShell ini tidak jauh berbeda layaknya UNIX shell atau Terminal.

Berbeda dengan Command Pompt yang hanya merupakan salinan dalam melakukan perintah-perintah DOS, PowerShell dapat melakukan tugas-tugas dalam melakukan administrasi sistem Windows.

Nah, ada beberapa permasalahan saya yang (mungkin) juga menjadi masalah bagi pengguna Windows 10 lainnya ketika akan menggunakan PowerShell. Dimana ketika akan membuka PowerShell (as Administrator or non) muncul pesan peringatan "This operation has cancelled doe to restriction..." yang kurang lebih seperti gambar berikut.


Beberapa solusi dalam mengatasi PowerShell yang tidak bisa dibuka:




Regedit
Jalankan regedit lalu arahkan ke HKCU > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies > Explorer > DisallowRun. Akan ada 3 string , hapus sting yang memiliki nama data "powershell.exe", Done. Silahkan jalankan aplikasi PowerShell. 
Namun dikasus lainnya cara ini tidak berjalan karena setelah komputer restart registry key tersebut kembali muncul.

Local Group Policy
Jalankan Local Group Policy, Run > gpedit.msc lalu arahkan ke User Configuration > Administrative Template > System. Klik 2x pada Don't run specified Windows applications, pada jendela yang muncul ganti pengaturan Not Configured menjadi Disabled, Apply lalu OK.
Jalankan aplikasi PowerShell.





8 comments

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA