Cara Mudah Hosting Gratis File JavaScript, CSS dan HTML

Cara Mudah Hosting Gratis File JavaScript, CSS dan HTML

Cara Mudah Hosting File JavaScript, CSS dan HTML - Bagi seorang blogger maupun programmer hosting file-file seperti javascript, css, dan html merupakan hal yang sangat perlu dan sangat penting guna memudahkan dan memperlancar suatu project yang sedang atau akan dilakukan.

Sekarang ini sudah banyak penyedia layanan web dan file hosting, mulai dari yang gratisan hingga sampai pada yang berbayar sekalipun. Namun Tak jarang yang gratisan memiliki limit / batas pemakaian, sehingga diperlukan sedikit riset dalam memilihnya. Nah, mengingat saya ini hanyalah seorang blogger dan programmer ecek-ecekan, jadi hanya menggunakan dan memanfaatkan hostingan yang gratisan gan. Kalo sudah ada rejeki lebih ntar di upgrade ke premium kok. 😄

Dan benar sekali, sesuai dengan judul postingan, kali ini kita akan membahas cara yang mudah dan gratis untuk meng-hosting file. Yang akan kita bahas adalah hosting file di github.com. Kenapa harus github? Saya juga bingung kenapa harus github ya 😵. Ya berhubung yang sedang saya gunakan adalah github, makanya saya share ke teman-teman sekalian.

Tidak hanya bisa hosting saja, github juga merupakan tempat sharing (berbagi) source kode (kode sumber) dari berbagai macam proyek yang sudah ada maupun yang akan ada. Mulai dari proyek personal, kelompok, bahkan sampai proyek-proyek sebuah perusahaan besarpun mereka tempatkan disini. Sehingga sangat memudahkan kita ketika akan mencari sebuah contoh source code, seperti contoh html, php, python, javascript, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, bagi sobat yang baru mengenal ataupun sudah mengenal jauh tentang github, silahkan disimak postingan saya ini hhehe. 




Hosting File ke Github

1. Silahkan Login ke akun github, jika belum memiliki akun, daftar akun sobat di https://github.com/join.

2. Buatlah sebuah project atau repository baru https://github.com/new


3. Setelah project / repository berhasil dibuat, kemudian pilih Create new files untuk membuat file baru, atau Upload files untuk mengupload file yang sudah ada. Silahkan pilih sesuai kebutuhan subat.

Saran saya, ketika sobat memilih untuk Create new files, pastikan nama file tersebut berakhiran dengan eksitensi dari file yang akan dibuat. Contoh nama file javascript.js, style.css, atau index.html. Pilih Commit directly to the master branch lalu simpan file tersebut, klik Commit new file.

4. Buka file yang baru saja dibuat atau diupload kemudian pilih Raw lalu salin linknya. Contoh link file raw https://raw.githubusercontent.com/user-github/project-name/master/JavaScript.js.

5. Kunjungi raw.githack.com kemudian paste link tersebut pada kolom yang tersedia. Untuk menggunakan file tersebut, copy link pada Use this URL for development.


Well done. Tunggu apalagi, ayo buruan daftar. Recommended banget nih buat kantong mahasiswa, apalgi mahasiswa yang berstatus legend 🙏

SEMOGA BERMANFAAT DAN MEMBANTU




1 comment

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA