Membuat Bootable Flashdisk Menggunakan Rufus

Membuat Bootable Flashdisk Menggunakan Rufus




Membuat Bootable Flashdisk Menggunakan Rufus | 404 Not Found - Sobat punya notebook, mau install ulang tapi gak punya DVD Room, solusi terbaik adalah install ulangnya pake flashdisk.

Kendala pertama ketika akan menginstall ulang menggunakan flashdisk adalah bios yang memang ada beberapa yang tidak support untuk install melalui flashdisk, kemudian software yang digunakan untuk membuat bootable.

Oke, kali ini 4NF akan share gimana caranya membuat bootable flashdisk menggunakan aplikasi Rufus. Kalau sobat belum punya aplikasinya, bisa download DISINI

Berikut langkah-langkah membuat bootable flashdisk menggunakan aplikasi rufus:
  1. Colokkan flashdisk yang akan digunakan, maka nanti akan muncul daftar device/nama flashdisk seperti pada gambar ini. Jika flashdisk memiliki data-data penting didalamnya, backup terlebih dahulu.
  2. Pilih file sistem operasi yang mau dijadikan bootable dengan format *.iso.
  3. Agar flashdisk menjadi boot priority pada settingan bios, expand pada format option lalu beri centang semua advanced option.

  4. Pilih Start untuk membuat bootable, maka akan muncul pemberitahuan bahwa flashidsk akan diformat, klik OK untu melanjutkan.
  5. Bootable pada flashdisk selesai, silahkan restart komputer untuk melakukan instalasi.
Sekian postingan untuk kali ini, semoga bermanfaat.


Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA