Cara Disable USB Port

Cara Disable USB Port

Cara Disable USB Port - Pernahkan sobat mengalami masalah ketika hendak mencopy file dan menancapkan sebuah flashdisk ke komputer namun flashdisk tersebut tidak terbaca? Pasti pernahkan! Nah, sobat jangan langsung berpikiran dulu bahwa driver usb belum terinstal di komputer ataupun flashdisk sobat rusak. Ada kemungkinan lain yaitu fitur pembaca flashdisk sudah dinonaktifkan oleh pemilik komputer.


Kejadian serupa juga pernah saya alami ketika hendak menyalin file tugas dari komputer saya ke flashdisk teman. Alhasil file tugas itupun proses penyalinannyapun jadi ditunda (hhehe). Sudah otak-atik sana-sini tapi tidak membuahkan hasil. Usut punya usut setelah ditelusuri dengan bantuanya doraemon bersama mesih waktu (flashback), ternyata saya pernah install software disable usb port yang baru-baru di download, sehingga fitur pembaca flashdiskpun jadi nonaktif, yaudah saya perbaiki.

Okeh, back to the top laptop. Berikut ini merupakan langkah-langkah bagaimana kita menonaktifkan/megaktifkan kembali fitur usb port yang telah dirubah, dan cara ini kita lakukan secara manual dengan mengotak-atik registry windows.
  1. Langkah pertama yang harus dan wajib kita lakukan adalah menghidupkan komputer. (nahloh)
  2.  Klik Start lalu pilih Run, atau tekan tombol Windows+R.
  3. Ketik "regedit" tanpa tanda kutik lalu OK atau tekan tombol Enter.
  4. Setelah jendela regedit muncul, arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\usbstor yang ada pada area bagian kiri.
  5. Pada area sebelah kanan, klik 2x pada Start.
  6. Ubah value data menjadi 4 seperti gambar berikut lalu OK.
  7. Untuk mengaktifkan kembali fitur usb port, lakukan cara yang sama seperti langkah ke-6 dan ganti value data menjadi 3 lalu OK.

Demikianlah cara/trik untuk men-disable usb port, semoga berguna dan bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan.

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA