Cara Sharing Folder di Windows dalam Satu Jaringan LAN

Cara Sharing Folder di Windows dalam Satu Jaringan LAN


Sharing bertujuan untuk saling berbagi dengan pengguna lain, baik itu berbagi file video, foto, music, dan lain-lain. Nah, sharing yang akan kita bahas kali ini adalah dengan menggunakan media LAN agar pengguna lain yang masih berada dalam cakupan satu jaringan bisa menggunakan data/file yang kita sharing.

Kenapa mesti harus menggunakan LAN? Ya anggap aja kalian mau copy file dari laptop ke laptop temen, tapi berhubung mungkin filenya terlalu besar sehingga flashdisknya gak muat, atau malah kalian lupa bawa flashdisk dan saat itu gimana caranya filenya harus bisa ditransfer ke laptopnya temen, karena disetiap keadaan darurat semua bisa dilakukan. 😂





Share Folder/File

Oke, sekarang kita siapin dulu file / folder yang mau ditransfer atau dishare. Sudah? Klik kanan > Properties.


Setelah mengklik tombol Share... maka akan muncul tampilan Network Access. Pilih siapa yang bisa mengakses folder yang nanti akan dishare, disini saya memilik Everyone > klik Add.


Silahkan atur pengguna lain yang mengakses dapat melakukan apa saja pada file kita, disini ada 3 pilihan, read untuk sebatas melihat-lihat (memutar music, video), read/write untuk melihat-lihat dan mengedit (edit/hapus file), dan remove untuk menghapus pengguna.

Kemudian klik Share. Jika ada pilihan konfirmasi, klik Yes. Jika muncul lagi pemberitahuan Network discovery and file sharing seperti gambar dibawah. Pilih Yes, turn on network discovery and file sharing for all public network. Tujuan agar memudahkan komputer lain ketika mengakses file/folder yang sudah dishare.


Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.





Mengakses Folder Sharing

Setelah berhasil melakukan share, sekarang pada komputer yang akan mengakses file/folder sharing tadi, pada alamat Windows Explorer masukkan alamat ip komputer yang melakukan sharing file, contoh \\192.168.1.1.



Cara mengetahui IP Address: KLIK DISINI

SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA