Pengaturan PATH Pada Python

Pengaturan PATH Pada Python



Selain menjalankan interpreter Python melalui start menu pada Windows, sobat juga dapat menjalankannya melalui command prompt atau memanggilnya melalui fasilitas run pada Windows. Untuk melakukan hal tersebut, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengaturan path program.

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk pengaturah path:

  1. Klik kanan pada My Computer, kemudian pilih Properties sehingga akan tampil gambar seperti berikut. 
     
  2. Selanjutnya pilihlah Advanced system settings sehingga muncul tampilan seperti berikut. 
  3. Pada tampilan System Properties, pilih tombol Environment Variables yang terdapat pada tab Advanced. Maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut: 

  4. Pada tampilan ini, pilihlah path pada System variables, kemudian pilihlah tombol Edit untuk menambahkan interpreter Python yang telah terinstall. 
  5. Langkah selanjutnya adalah menyalin path dari interpreter Python dan menempelkannya pada bagian variable values seperti gambar diatas. Path yang dimaksud disini adalah lokasi dimana file python.exe berada. 

  6. Setelah penambahan path dilakukan, pilihlah tombol OK dan restart komputer untuk memberikan efek pada komputer. Setelah itu maka sobat dapat menjalankan interpreter dengan memanggilnya melalui command prompt atau fasilitas run pada Windows. 
  7. Done.
Jika kurang dimengerti, sobat dapat menyimak video tutorialnya di youtube.

SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA