Install RemixOS DualBoot dengan Kali Linux Tanpa Membuat Partisi

Install RemixOS DualBoot dengan Kali Linux Tanpa Membuat Partisi


RemixOS adalah salah satu sistem operasi yang berbasis Andoid, jadi sobat bisa menjalankan berbagai macam aplikasi android di komputer. RemixOS ini tidak berbeda jauh dengan sistem operasi lain pada umumnya, seperti Multitasking, Start Menu, File Manager, dan bagi sobat yang hobi nge-game tersedia juga dukungan keyboard & mouse untuk memudahkan jalannya permainan.

Nah, pada kesempatan kali ini, 404 Not Found akan sharing tutorial bagaimana cara mengintall RemixOS di PC sobat tanpa harus membuat partisi baru. Dan cara ini sudah saya terapkan dan Alhamdulillah work dan berjalan lancar tanpa hambatan.

Perlu digarisbawahi bahwa tutorial berikut dilakukan dengan menggunakan sistem operasi Kali Linux, jika sobat menggunakan sistem operasi lain seperti turunan debian maupun ubuntu, harap menyesuaikan. Karena setiap tahapan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan sistem operasi yang saat ini saya gunakan.



Baiklah, berikut adalah langkah-langkah menginstallan remix OS:
  1. Download terlebih dahulu RemixOS pada tautan berikut http://www.jide.com/remixos-for-pc#downloadNow
  2. Ekstrak file *.zip yang telah didownload, contoh nama file zip nya adalah release_Remix_OS_for_PC_Android_M_64bit_B2016112101.zip. Maka gunakan perintah berikut pada terminal:
    $ unzip release_Remix_OS_for_PC_Android_M_64bit_B2016112101.zip
  3. Setelah di ekstrak, akan ada beberapa file dari hasil ekstrak-an. Carilah file *.iso kemudian ekstrak atau mount file iso tersebut, contoh nama dari file iso tersebut adalah Remix_OS_for_PC_Android_M_64bit_B2016112101.iso.
  4. Buatlah sebuah folder baru terlebih dahulu dengan nama folder remix, lalu copy/salin file system.sfs, initrd.img, kernel, ramdisk.img dari hasil mount/ekstrak file iso sebelumnya ke dalam folder remix yang telah dibuat tadi.
  5. Jika sudah, buka terminal sebagai root kemudian jalankan perintah berikut
    $ sudo mv /home/USER_NAME/remix /
  6. Perintah diatas akan menyalin folder remix  ke dalam root folder.
  7. Setelah proses salin/copy selesai, pada terminal jalankan perintah
    $ sudo gedit /etc/grub.d/40_custom 
    lalu tambahkan kode dibawah ini:
    menuentry “RemixOS” {
     linux /remix/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=remix_x86_64 androidboot.selinux=permissive quiet SERIAL=random logo.showlogo=1 SRC= DATA= CREATE_DATA_IMG=1
     initrd /remix/initrd.img
    }
    
  8. Simpan/save file yang baru saja diubah, lalu update grub menggunakan perintah
    $ sudo update-grub
  9. Well done! Silahkan restart PC/komputer sobat, pada daftar menu GRUB pilih RemixOS lalu ikuti instruksi dalam melalukan penginstalan RemixOS.
  10. Selamat bereksperimen, semoga sukses.
NB: Jika pada daftar menu GRUB tidak ada pilihan RemixOS, pilihlah OS linux yang sementara digunakan kemudian buka terminal dan jalankan perintah berikut

$ sudo -H gedit /etc/default/grub 
lalu tambahkan tanda # didepan
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0. 
Simpan dan update grub kembali.

RemixOS yang telah terinstall di komputer sobat, semua aplikasi serta pengaturan akan tetap tersimpan ketika komputer di restart atau ketika dihidupkan kembali. So, sobat gak perlu khawatir jika perubahan yang sudah dilakukan akan hilang saat komputer dihidupkan kembali.

Bagi sobat yang masih bingung atau belum begitu paham tentang cara install RemixOS, silahkan lihat tutorial saya di youtube tentang Install RemixOS, Dual Boot with Kali Linux without make separate disk



SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT


Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA