Sniffing Jaringan Menggunakan Wireshark

Sniffing Jaringan Menggunakan Wireshark



Sekarang bobol-membobol password atau kata sandi udah jadi kebudayaan. Apalagi bagi mereka yang masih DBU (di bawah umur / labil), pengennya dijuluki pro meskipun sebenernya keterampilan yang dimiliki masih sangat minim.

Gw sih sejujurnya kagak hobi-hobi banget nge-post yang kek ginian, yah berhubung menurut ane ini penting buat elo-elo para network analyzer, kan kagak ada salahnya ane share. Toh, penyalahgunaan dari apa yang ane share disini diluar tanggungjawab ane.

Wireshark, Sebuah tool Network Protocol Analyzer atau biasa disebut "Sniffer". Kegunaannya banyak sob, selain bisa nangkap (ikan, hhaha) aliran data dengan informasi yang lengkap pada jaringan, tool ini juga mampu mengetahui IP address melalui typingan room. Yang jelas, tool ini powerfull banget kalo elo mau mempelajarinya lebih jauh.

Cara ngegunain tool ini bisa dibilang simple banget, berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Wireshark, kemudian tekan Ctrl + I atau pilih menu Capture > Interfaces. 

  2. Pilih interface yang bakal digunakan, and then Start. 

  3. Proses capturing sedang berjalan, tunggu hingga packet yang tercapture lumayan banyak. 
     


  4. Jika sudah dirasa cukup, pilih Stop pada menu icon diatas. Lalu filter data yang ter-capture dengan perintah http.request.method=="POST", kenapa harus post? Karena username dan password  yang kita ketikkan ketika login akan di generate menjadi metode post data yang di kirim ke server. 

  5. Setelah muncul tapilan data filter dengan istilah POST, carilah salah satu yang menurut ente adalah data login yg udah berhasil tercapture, klick kanan kemudian pilih Follow TCP Stream. 

  6. Yes, gue dapet username & password di doi. Gampang kan. 


Itu aja dari gw, happy browsing bray. Penyalahgunaan dari artikel ini diluar tanggung jawab ane, thx. Buat ente yg masih kurang jelas, tonton video gw tentang cara sniffing jaringan menggunakan wireshark di https://youtu.be/UJkGCqMgqdY.


SEMOGA BERMANFAAT




Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA