Cosplay

Cosplay



Cosplay? Apa itu Cosplay? Ya seperti yang lo liat sendiri, cosplay bisa diartikan sebagai cara seseorang meniru penampilan karakter atau tokoh-tokoh dalam sebuah anime, manga, kartun, idol, video, yang diperankan. Mereka menggunakan aksesoris dan pakaian para karakter yang dikagumi serta merias wajah mereka semirip mungkin. Wah, SUGOI.

Istilah Cosplay (コスプレ - Kosupure) adalah isitilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang merupakan gabungan dari kata Costume (kostum) dan Play (bermain). Di Jepang sendiri, tren ini sudah ada sejak lama. Pertama kali peragaan Cosplay dilangsungkan di Ashinoko tahun 1978.

Di Indonesia, pada awalnya istilah cosplay belum begitu dikenal oleh masyarakat. Meskipun pada tahun 2000an diadakan event Cosplay seperti Gelar Jepang UI, tetapi tetap saja belum ada yang minat dan tertarik akan event tersebut.

Setelah event tersebut, barulah ada beberapa pemuda-pemudi di Bandung yang memperkenalkan gaya Harajuku dan merupakan cosplayer pertama di Indonesia, meskipun bukan cosplay EO yang sempat diadakan pada event Gelar Jepang.

Hingga sekarang, event Cosplay hampir tiap bulan diadakan di kota-kota besar seperti di Jakarta. Beberapa event yang sering hadir adalah:
- Gelar Jepang, niasanya ada di Universitas dan umumnya Universitas Indonesia.
- Bunkasai.
- Hellofest.
- Animonster event.
- Extravaganza, adalah cosplayer yang berdialog kocak.
- Anime Festival Asia Indonesia.
- dan masih banyak lagi.


JENIS-JENIS COSPLAY
Sebenernya semua cosplay itu sama, cuman beberapa event yang diadakan sering dilakukan pembagian cosplay, seperti:

  1. Cosplay anime/manga, cosplay yang berasal dari anime atau manga.
  2. Cosplay Game, cosplay yang berasal dari karakter game.
  3. Cosplay Gothic, cosplay yang berasal dari karakter yang bernuansa gelap atau gothic.
  4. Cosplay Original, cosplay yang memang benar-benar original dan tidak meniru karakter dalam anime, game, manga, dan sebagainya.

ISTILAH COSPLAY POPULER
Cosplay memang bisa dibilang sebagai salah satu budaya yang masih populer sampai sekarang, pastinya banyak istilah-istilah yang digunakan, diantaranya:
  1. Costreet, adalah cosplay berjalan. Jadi, kegiatan cosplayer hanya mondar-mandir diarea event.
  2. Coswalk, tidak jauh beda dengan costreet. Bedanya cuma para peserta coswalk harus berjalan seperti model sambil tetap memperagakan karakter yang dimainkan.
  3. Cosgraph, adalah sebuah permainan karakter yang melibatkan kerjasama antara cosplayer dan kameko.
  4. Croosplay, adalah pertukaran gender dari karakter yang diperankan. Seperti cosplayer cowok yang memainkan karakter cewek, dan sebaliknya.
Itulah beberapa hal tentang cosplay, mungkin masih banyak lagi hal yang belum tarcantum di postingan gw ini, harap dimaklumi sob. :D


Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA