Cara Install SQLMAP di Windows

Cara Install SQLMAP di Windows



Yoman, lama gak ngepost, tapi jujur akhir-akhir ini ane bingung mau posting apaan di blog reot ini. Mana sekarang lagi rada stress, kacaubalau pokoknya, hadeh. Udahlah, gak usah mikirin ke-stress-an gw, ntar yg ane lu juga pada ikutan stress, wkwkwk.

Sqlmap! Apa itu sqlmap? Ya kalo menurut gw sih sqlmap itu adalah metode yang dilakukan untuk pentest (penetration testing) pada suatu web dengan teknik SQL Injection dengan tujuan untuk mendapatkan informasi-informasi penting (cie, penting) ato private (kayak database gitu) yang ada pada web itu sendiri.

Nah, yang ane suka dari aplikasi ini adalah sifatnya yang open source. Jadi kita gak perlu serial ato ngerogoh kocek buat ngegunainnya. Beda dengan Havij, ya meskipun kedua-duanya memiliki cara yang sama untuk melakukan pentest, tapi kelebihan Havij itu memiliki GUI dan tentunya tersedia beberapa fitur yang mendukung dalam melakuka pentest, wajarlah kalo Havij ini sifatnya close source.

Yosh, balik lagi ke SQLMAP. Oke, sqlmap di Windows maupun di Linux gak beda sob, sama aja, sama-sama bisa digunain buat pentest. Lha namanya juga tool yang open source.

Tapi sedikit ribet sih untuk nginstall sqlmap di Windows, kita harus install Python sama Active Pyton untuk bisa ngejalanin sqlmap. Bahan-bahan yang dibutuhin diantaranya sebagai berikut, silahkan lu download:

  1. Python | Download - 19 Mb
  2. Active Python | Download - 40 Mb
  3. Sqlmap | Download - 7 Mb
Selesai lu kumpulin semua bahan-bahannya, install Python sama Active Python. Selesai install, ekstrak sqlmap, didirektori mana aja juga boleh, yang penting lu bisa arahin direktorinya di CMD.

Nah, kan sqlmap udah di ekstrak tu. Buka CMD (Command Prompt) terus arahin direktori tempat lu ekstrak sqlmap tadi. Contoh gw ekstrak sqlmap di document, bisa pake perintah ini: cd Documents/EGDownloads/sqlmap.


Kemudian untuk menjalankannya, cukup dengan perintah ini, sqlmap.py -h.

Sampe disini, instalasi sqlmap udah beres. Lu tinggal gunain aja layaknya sqlmap di Linux, perintah-perintahnya jelas gak beda sob. :D

SEMOGA BERMANFAAT



Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA