Cara Membuat Ad Hoc WiFi Hotspot di Windows 10/8.1

Cara Membuat Ad Hoc WiFi Hotspot di Windows 10/8.1




Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa di Windows 10 dan 8/8.1 tidak ada fitur untuk membuat sebuah jaringan hotspot atau adhoc. Jadi, buat para gamers maupun yang bagi Anda suka sharing-sharing data, pasti merasa kesulitan dan mungkin sedikit kecewa menggunakan Windows 10/8.1/8 setelah mengetahui bahwa tidak ada fitur tersebut.

Enteh untuk alasan apakah pihak Microsoft menghilangkan fitur ini. Yang jelas, hal ini menjadi sebuah permasalahan yang mestinya harus diperhatikan dan diperbaiki. 

Sebenarnya, fitur yang satu ini tidak benar-benar dihilangkan oleh pihak Microsoft. Hanya saja untuk membuat jaringan hotspot sendiri kita diharuskan menggunakan perintah console. Jadi, yang dihilangkan adalah fitur GUI (Graphics User Interface). Sedangkan dengan menggunakan CLI (Command Line Interface) kita masih bisa membuat sendiri jaringan WiFi hotspot.

Berikut adalah cara untuk membuat jaringan adhoc wifi hostspot dengan menggunakan perintah console:
  • Buka CMD (Command Prompt), kemudian ketikkan perintah berikut:
    netsh wlan set hostednetwork mode=allow sssid=NAMA JARINGAN key=PASSWORD



    Note: perintah diatas yang digarisbawahi, nama jaringan adalah nama jaringan yang akan digunakan sebagai hotspot, dan password adalah kata sandi untuk jaringan yang akan dibuat.

  • Setelah itu, ketikkan perintah berikut untuk mengaktifkan hotspot yang baru saja dibuat:
    netsh wlan start hostednetwork
  • Dan jaringan siap digunakan.

SEMOGA BERMANFAAT

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA