Mengatasi Sound Mute Setelah Restart di Kali Linux

Mengatasi Sound Mute Setelah Restart di Kali Linux



Mengatasi Sound Mute Setelah Restart di Kali Linux | 404 Not Found - Nah ini permasalahan yang sering kali muncul setelah kita baru saja menginstall ulang komputer, pasti kendala kedua adalah suara selalu mute setiap kali kita merestart/menghidupkan komputer. Kalo masalah pertama menurut saya adalah masalah pada touchpad, dan itu nanti akan saya posting di artikel selanjutnya.

Sebenarnya masalah ini tidak terlalu dipersoalkan, tapi bosan juga rasanya kalau setiap kali akan mendengarkan musik atau menonton video harus mengatur ulang lagi volume-nya. Dan ada juga yang beranggapa bahawa masalah tidak adanya suara ketika setelah komputer di restart adalah kurangnya driver yang harus di install, dan itulah anggapan saya setelah pertama kali mengintall Kali Linux.

Padahal, sejauh yang saya ketahui selama ini, salah satu kelebihan linux dari sistem operasi windows adalah tidak perlunya kita harus mengintall software untuk setiap driver di komputer. Ini ni yang membuat saya jadi bingung. Tapi, okelah. Namanya juga pendatang baru, wajarlah kalau kita belum mengenal lebuh jauh lagi tentang Linux.

Dari awal saya penasaran dengan linux, pengen coba-coba, korbankan laptop sebagai eksperimen, sampai-sampai saya harus kehilangan semua data saya di harddisk external 1TB saya hanya demi memenuhi rasa penasaran saya terhadap linux. Karna dari kesalah itulah kita belajar untuk tidak mengulang kesalahan itu kembali.

Yosh, kembali lagi ke topik. Sorry kebablasan jadi curhat. Tapi itulah sepenggal kisah saya bersama linux. Dan anda juga pasti memiliki kisah tersendiri bersama linux. Nah, berikut ini cara untuk mengatasi sound mute ketika komputer di terstart, check these out:

  1. Install toolsnya dulu, yaitu alsa unlity, perintahnya "sudo apt-get install alsa-utils"..
  2. Jika sudah terinstall, jalankan aplikasi tersebut, perintahnya "alsamixer"..
  3. Nah, disini kita tinggal mengatur volume suaranya, gunakan tombol arah atas dan bawah pada keyboard untuk mengar volumenya.
  4. Setelah mengatur volumenya, tekan tombol Esc untuk keluar dari aplikasi dan kembali ke terminal. Untuk menyimpan perubahan pada alsamixer tadi, ketik perintah berikut "alsactl store". Kemudian restart komputer anda.

Demikianlah cara untuk mengatasi suara yang hilang setelah komputer direstart, semoga membantu dan selamat mencoba, GOOD LUCK & GANBATTE. :D


Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA