Cara Menulis Huruf Jepang (Hiragana, Katana) di Komputer

Cara Menulis Huruf Jepang (Hiragana, Katana) di Komputer

Cara Menulis Huruf Jepang (Hiragana, Katana) di Komputer | 404 Not Found - Bukan hal mudah untuk bisa menulis aksara-aksara jepang tanpa adanya bantuan, baik itu bantuan berupa alat maupun dalam bentuk pedoman/tutorial.

Nah, kali ini 4NF akan share bagaimana caranya menulis huruf jepang di komputer. Memang bukan sesuatu yang baru sih, karena mungkin udah banyak artikel serupa yang bertebaran di internet, tapi untuk yang kali ini tentu berbeda sob, dan disampaikan dengan versinya 404 Not Found sendiri, hhohoho.

Yosh, pasti banyak tuh para Otaku yang pengen bisa nulis tulisan jepang, ente juga otaku, sama ane juag. Ya memang karena secara tidak langsung kan mereka para otaku tersebut setidaknya harus bisalah nulis satu ato dua tulisan jepang, masa cuma doyannya sama anime & manga doang. Walopun yang ente ditonton anime terus-terusan, gak bakalan muncul tuh translate jepangnya, yang ada mungkin pas awal sama endingnya, itu juga pasti anime yang udah disub, BAKA..!!

 Nah, sekarang ente harus bisa ngerti Romajinya bahasa jepang, biar bisa dikit ngerti jalan ceritanya. Dan itu cara yang gampang biar ente bisa nulis huruf hiragana/katana. Kalo enggak, ya mana bisa.

Ini nih, ane mau share sedikit ilmu yang ane dapet langsung dari orang Jepang tentang gimana caranya nulis tulisan jepang, usotsuki, hhahaha. Langsung ke TKP, check these out dan simak baik-baik:

  1. Ente harus sering-sering nonton anime/cartoon, atau film jepang, biar paling enggak adalah satu atau dua kata bahasa jepang yang nyantol dikepala ente, hhaha.
  2. Kalo udah sering-sering nonton anime, sering-sering juga dengerin lagu-lagu jepang, kayaknya lagu-lagunya AKB48 geto, atau gak usah jauh-jauh deh, dengerin aja lagunya JKT48, sister groupnya AKB48, okesip.
  3. Selanjutnya, ini nih yang paling penting dan paling afdol yang harus ente lakukan, nyalain komputer, wkwkwkwk.
  4. Klik kanan terus refresh refresh dulu biar kompi ente jadi seger, huahaha..
  5. Sekarang buka control panel, pilih Clock, Language, and Region.
  6. Habis itu pilih lagi Region, and Language.
  7. Setelah muncul, tap ke Keyboard and Languages terus klik tombol Changes keyboards..
  8. Pada bagian Install services, pilih Add.
  9. Cari bahasa jepang, biasanya tulisannya Japanese. kemudian klik tanda tambahnya, pilih Keyboard, terus beri centang Microsoft IME lalu OK.
  10. Habis itu, tap Language Bar, centang Show the Language bar as transparent when active dan Show additional Language bar icons in the taskbar (lihat pada gambar). Kemudian Apply dan OK..
  11. Dibagian paling bawah pojok kanan bakalan muncul seperti ini, mungkin sedikit berbeda dari punya ente, itu tergantung versi windows yang ente pake. Kalo pake windows 7, pasti tampilannya sama kayak punya ane gini, hhaha.
  12. Nah, dipojokan kiri kan ada tu EN, maksudnya EN itu English  mas mbak broo, jangan katro gitu lah, malu sama ade saya ^_^. Ganti EN jadi JP Japanese, Kalo sudah, lanjut ke no 13.
  13. Setelah diganti, pasti ada perubahan tampilan. Berubaaaaah, pooowweeerrr rangeeerrr, tesing, wkwkwkwk. Klik huruf A (lihat gambar), terus ganti Half-width Alphanumeric ke Hiragana.
  14. Sekarang ente tinggal bereksplorasi nulis-nulis huruf jepang, setidaknya ente bisa nulis huruf ini nih, 私の オタク - Watasino Otaku, hhohohoho. Artinya: "Ente adalah seorang pecandu". Awas..!! Entarane laporin sama rap3rr0r-sensei. :)

Wokeh, itulah sedikit curahan hati saya kepada Anda, tolong jangan masukin didalam hati. Kalo bisa ya anda masukkan saja ke kotak amal, berbagi untuk mereka yang membutuhkan. Semoga bermanfaat dan berguna, Ganbatte kudasai - がんばって.

Kalo kurang jelas, silahkan nonton video ane tentang cara setting komputer biar bisa nulis tulisan jepang disini..


1 comment

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA