Sejarah BackTrack

Sejarah BackTrack

Penemu dan pengembang utama dari BackTrack bernama Mati Aharoni dan Max Mosser. Mati Aharoni adalah seorang konsultan security dari Israel. Jadi BackTrack terbentuk dari sebuah kolaborasi komunitas. BackTrack sendiri merupakan merger dari whax yang merupakan salah satu distro Linux yang digunakan untuk audit keamanan jaringan dan aplikasi komputer.  Whax sendiri di bangun atas dasar sistem operasi Knoppix.

Ketika Knoppix mencapi versi 3.0 maka dinamakan dengan whax. Whax dapat digunakan untuk melakukan tes security dari berbagai jaringan di mana saja.

Max Mosser merupakan author dari auditor security collection yang mengkhususkan dirinya untuk pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penetrasi keamanan yang terintegrasi dengan Linux. Gabungan dari auditor dan Whax ini sendiri menghasilkan 300 tools yang digunakan untuk
auditor keamanan jaringan. Auditor security collection juga terdapat pada knoppix.

Seiring perkembangan waktu, BackTrack saat ini terdiri dari berbagai tools yangdikemas didalam sub menu desktop dengan pengklasifikasian via menu tools. Hal ini memudahkan para auditor keamanan jaringan komputer dalam melaksanakan tugas mereka. BackTrack menurut penulis hanyalah sebuah sistem operasi mengemas berbagai tools hasil pengembangan komunitas. Banyak dari tools berdiri di atas hukum pengembangan opensource/free software yaitu GPL yang saat buku ini ditulis, telah mencapai versi GPLv3.

Bersambung...

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA