Cara Install LAMP (Web Server) Di Linux (Full Gambar)

Cara Install LAMP (Web Server) Di Linux (Full Gambar)



Lamp atau biasa diartikan sebagai Linux, Apache, Mysql, dan Php, merupakan sebuah web server ber-platform Linux yang dipadukan menjadi 1 (satu) aplikasi sehingga mempermudah pengguna dalam melakukan proses instalasi sebuah web server.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penginstallan web server di Linux secara umum mungkin sedikit ribet apalagi bagi para pengguna awam seperti saya ini. Terkadang kita dibuat pusing hanya karena konfigurasi mysql yang sering kali menemui error, dan berbagai macam keribetan yang nggak mungkin untuk saya jabarkan 1 per 1 disini.

Nah, beranjak dari hal tersebut, marilah kita mencoba untuk menggunakan kemudahan yang diberikan ini. Kenapa saya bilang mudah? Karena proses instalasinya hanya tinggal menekan tombol next next dan next, hhehehe. Tapi memang seperti itulah yang dikatakan dari web resmi Lamp sendiri.

Sebelum melakukan proses instalasi, alangkah baiknya jika kita mengetahui fitur-fitur apa saja yang dimiliki / ditawarkan oleh Lamp, diataranya:
  1. Mudah di install.
  2. Independent.
  3. Memiliki beberapa komponen yang meliputi:
    • Apache 2.4.29
    • MySQL 5.7.20
    • PHP 7.2.0
    • PHPMyAdmin 4.7.4
    • AWS SDK for PHP 1.6.2
    • Varnish 4.1.0
    • ImageMagick 6.9.8
    • SQLite 3.7.15.1
    • ModSecurity 2.6.7
    • Libraries for Couchbase 2.0.5
    • Git 2.14.1
  4. Komponen opsional:
    • Zend Framework 3.0.2
    • Symfony 2.8.28
    • CodeIgniter 3.1.6
    • CakePHP 3.5.4
    • Smarty 3.1.31
    • Laravel 5.5.0
  5. Sistem yang dibutuhkan agar dapat menginstall LAMP:
    • Intel x86 or compatible processor
    • Minimum of 256 MB RAM
    • Minimum of 150 MB hard drive space
    • TCP/IP protocol support
Berikut adalah langkah demi langkah dalam melakukan penginstalan LAMP:
  1. Download aplikasi LAMP pada tautan berikut https://bitnami.com/stack/lamp/installer.
  2. Jika sudah selesai di download, sobat buka terminal kemudian berikan hal akses agar dapat menjalan aplikasi lamp dengan perintah:
    # chmod 755 bitnami-lampstack-7.1.12-0-linux-x64-installer.run
    Masih pada terminal, kemudian jalankan aplikasi Lamp dengan perintah:
    # ./bitnami-lampstack-7.1.12-0-linux-x64-installer.run
    Perlu diketahui bahwa jika sobat menginstall Lamp menggunakan superuser (root), maka file instalasi lamp akan tersimpan di /opt/lampstack-7.x.x.x. Tapi jikan sobat menginstallnya user biasa file instalasinya akan tersimpan di direktori /home/user/lampstack-7.x.x.x.
  3. Setelah menjalankan aplikasi maka akan muncul logo bitnami seperti pada gambar postingan diatas, dan akan muncul gambar seperti dibawah ini:
  4. Silahkan sobat tekan next.
  5. Centang / pilih yang akan di install, lalu klik next untuk melanjutkan.
  6. Gambar diatas menunjukkan dimana file instalasi lamp akan disimpan, karena saya menginstallnya sebagai superuser (root) maka direktori yang digunakan akan seperti gambar diatas. Klik next untuk melanjutkan.
  7. Disini kita diminta untuk memasukkan password database yang nantinya akan digunakan, silahkan isi sesuai ketentuan sobat (tidak boleh kurang dari 6 karakter) kemudian klik next lagi.
  8. Penentuan port Apache, biarkan saja terisi 81 lalu klik next. Atau bisa juga menggunakan 18080 sebagai port alternatif.
  9. Penentuan untuk port MySQL Server, isi dengan 3307 kemudian next.
  10. Silahkan klik next lagi untuk melanjutkan.
  11. Langkah terakhir untuk menuju proses penginstalan, semangat gan. jangan lupa klik next.

  12. Proses penginstallan, silahkan tunggu aja gan.
  13. Proses instalasi lamp selesai, klik finish untuk menjalankan lamp.
  14. Contoh tampilan dari Lamp. terdapat banyak pilihan yang bisa kita pilih, untuk menjalankan web server sobat bisa klik Go to Application atau pada web browser masukkan alamat 127.0.0.1:81.
  15. Jangan menggunakan localhost atau 127.0.0.1 pada web browser tanpa menggunakan port (81), karena kita akan ditampilkan dengan tampilan apache2 web server bawaan dari Linux.
  16. Untuk dapat mengakses phpmyadmin / database, silahkan sobat pilih tab Applications lalu klik Access, atau bisa juga sobat mengaksesnya dengan menggunakan alamat 127.0.0.1:81/phpmyadmin.
  17. Silahkan sobat login menggunakan username root, sedangkan untuk passwordnya gunakan password yang sudah sobat tentukan sebelumnya.

Nah, jika sobat bingung bagaimana cara menjalankan ulang aplikasi Lamp yang sudah terinstall sebelumnya, karena aplikasi Lamp sendiri tidak masuk dalam daftar / list menu. Maka ikuti cara berikut:
Buka terminal lalu arahkan dimana direktori file Lamp terinstall, contoh disini direktori saya adalah /opt/lampstack-7.1.12-0, maka gunakan perintah berikut di terminal:
# cd /opt/lamstack-7.1.12-0
# ./manager-linux-x64.run
Jika berhasil maka aplikasi Lamp akan muncul seperti diawal ketika selesai proses instalasi dan menjalan program lamp untuk pertama kalinya.

Pemberian hak akses
Pada sebagian besar kasus yang ditemui ketika selesai menginstall sebuah web server, adalah terbatasnya akses / hak akses yang diberikan ketika akan melalukan edit, hapus, maupun add file pada folder / direktori htdocs.

Bagaimana jika kita ingin membangun web atau melakukan editing tapi hak aksesnya saja dibatasi? Untuk mengatasi hal semacam itu, kita akan memberikan hak akses penuh pada folder yang dimaksud.

Ada beberapa perintah yang bisa digunakan diantaranya:
$ sudo chmod 777 -R /opt/lampstack-7.1.12-0/apache2/htdocs atau
$ sudo chown -R nama_user /opt/lampstack-7.1.12-0/apache2/htdocs

Dengan cara diatas maka hak akses semua file dan subfolder yang terdapat didalam folder htdocs sepenuhnya berubah, sehingga kita bisa melakukan editing, menambahkan, maupun menghapus file yang berada pada folder htdocs.

Kira-kira seperti itulah tahapan dalam menginstall Lamp di Linux, jika sobat punya pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.. :D

Note: Tested on Ubuntu 16.04 Xenial LTS
Status: Worked 100%

SEMOGA BERMANFAAT DAN MEMBANTU


Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA