Install Metasploit Framework (Armitage) di Ubuntu

Install Metasploit Framework (Armitage) di Ubuntu



Metasploit merupakan software security yang sering digunakan untuk menguji coba ketahanan suatu sistem dengan cara mengeksploitasi kelemahan software suatu sistem.

Postingan ini berkaitan dengan postingan saya sebelumnya yaitu Cara Install dan Penggunaan Katoolin di Ubuntu. Jadi sobat harus menginstall Katoolin dulu sebelum menginstall metasploit framework.

Nah, anggap saja Katoolin sudah terinstall di Ubuntu. Sekarang kita jalankan katoolin-nya, jangan lupa jalankan katoolin sebagai root. Karena jika dijalankan sebagai non-root, maka proses update repository maupun instalasi program tidak akan bekerja.

Install Metasploit (Armitage)

Jalankan katoolin:
$ sudo katoolin

Pastikan repo kali linux sudah ditambahkan sebelumnya, jika belum pada menu pilihan sidlahkan pilih 1) Add kali repositories & update > 1) Add kali linux repositories > 2) Update.

Setelah menambahkan repo kali dan update repo, sekarang kita kembali ke menu awal dengan memasukkan perintah back dan instal metasploit.
Install Metasploit (Armitage) di Ubuntu


Pada menu awal, pilih 2) View Categories > 8) Exploitation Tools > 1) Armitage
Install Metasploit (Armitage) di Ubuntu

Install Metasploit (Armitage) di Ubuntu

Jika muncul gambar semeprti dibawah ini pada saat proses instalasi, pilih saja yes.


Setelah proses instalasi metasploit selesai, maka akan secara otomatis berapa pada list menu Exploitation Tools > Armitage / Metasploit Framework. Untuk menjalankan metasploit, cukup jalankan perintah berikut di terminal:
$ msfconsole

SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA