Cara Install dan Penggunaan Katoolin di Ubuntu

Cara Install dan Penggunaan Katoolin di Ubuntu

Katoolin adalah salah satu cara / alternatif yang digunakan untuk menginstall tools kali linux di diselain distro kali itu sendiri, sebagai contoh kita akan menginstall kali linux tool menggunakan katoolin di Ubuntu.

Perlu di garisbawahi bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari ketika kita sedang menggunakan katoolin di ubuntu, jika kita abaikan maka bisa saja hal tersebut membuat sistem ubuntu akan mengalami crash dan semacamnya.

Hal yang perli dihindari ketika menggunakan katoolin di ubuntu akan saya jelaskan seiring dengan tahapan-tahapan yang akan dilakukan.

Install katoolin

Agar dapat menjalankan katoolin, terlebih dahulu install git. Buka terminal dan ketikkan perintah:
$ sudo su
# apt-get install git

Kemudian download dan copy filenya ke dalam direktory system menggunakan perintah berikut:
# git clone https://github.com/LionSec/katoolin.git && cp katoolin/katoolin.py /usr/bin/katoolin

Gunakan perintah berikut untuk menjadikan Katoolin executable:
# chmod +x /usr/bin/katoolin

Lalu jalankan katoolin:
# katoolin 

Cara Install dan Penggunaan katoolin di Ubuntu

Dari gambar diatas, kita bisa melihat bahwa terdapat 5 pilihan yang tersedia. Berikut sedikit penjelasan dari 5 pilihan tersebut:
  1. Add Kali repositori & Update, pilihan ini terdiri dari beberapa pilihan lagi, yaitu:
    • Add kali linux repositories: untuk menambahkan repository kali linux kedalam repository ubuntu sobat
    • Update: untuk meng-update repository
    • Remove all kali linux repositories: untuk menghapus repository kali linux yang sudah ditambahkan sebelumnya
    • View the contents of sources.list file: untuk melihat file sources.list yang berisi beberapa repository 
  2. View Categories, disini kita akan diperlihatkan semua tools kali linux yang terbagi sesuai dengan kategorinya masing-masing.
  3. Install classicmenu indicator, untuk menginstall classicmenu indicator. Untuk sobat yang menggunakan DE lain selain bawaan dari ubuntu (GNOME), classicmenu indicator tidak perlu di install.
  4. Install Kali menu, untuk menginstall kali menu layaknya menu pada kali linux.
  5. Help, perintah-perintah yang digunakan untuk menjalankan katoolin. Diantaranya, back / Go back: untuk kembali ke menu sebelumnya, dan gohome / Go to the main menu: untuk kembali ke menu utama.
Nah, itulah sedikit penjelasan dari beberapa point yang ada pada menu katoolin. Dan berikut ini adalah cara yang digunakan untuk menginstall beberapa tools kali linux di ubuntu, simak dengan seksama:
  1.  Jalankan katoolin, pilih 1)  Add Kali repositories & Update > pilih 1) Add kali linux repositories.
    Cara Install dan Penggunaan katoolin di Ubuntu
  2. Setelah menambahkan repository, pilih 2) Update untuk mengupdate repository. Jika belum yakin repository kali linux sudah ditambahkan atau belum, sobat bisa memilih 4) View the contents of sources.list file, untuk melihat repository yang sekarang ini digunakan.
  3. Setelah update, kembali ke menu sebelumnya dengan menggunakan perintah back.
  4. Nah, sekarang pilih 2) View Categories dan pilihlah salah satu tools yang akan di install. Untuk menginstall semua tools kali linux masukkan perintah 0, tapi jika ingin penginstall semua tools didalam 1 kategori, pilih salah satu kategori, contoh saya ingin menginstall semua tools di kategori Information Gathering, masukkan 1 untuk memilih kategori dan 0 untuk menginstall semua tools Information Gathering. Untuk menginstall salah satu tools di kategori Information Gathering, cukup masukkan angka sesuai dengan tools yang ingin di install.
Begitulah cara untuk menginstall tools kali linux di ubuntu. Hal yang perlu dihindari ketika menggunakan katoolin adalah, jika sobat ingin meng-update (apt-get upgrade / apt dist-upgrade) system ubuntu, sangat disarankan untuk terlebih dahulu menghapus repository kali linux yang sudah ditambahkan sebelumnya.

Caranya cukup mudah, jalankan katoolin lalu pilih 1 > 3 > 2. Sekarang sobat bisa meng-update system ubuntu. Jika ingin menginstall tools kali linux lagi, silahkan ikuti langkah-langkah seperti diatas dari point 1 sampai 4.

Untuk memudahkan penggunaan atau pencarian aplikasi kali linux yang sudah terinstall, silahkan install classicmenu indicator atau kali menu yang terdapat pada menu awal katoolin.

Tonton video tutorialnya di youtube: https://youtu.be/aoCWfiqr2-w


SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT

Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA