Cara Agar WhatsApp Tidak Menyimpan Audio, Foto, dan Video Secara Otomatis

Cara Agar WhatsApp Tidak Menyimpan Audio, Foto, dan Video Secara Otomatis



WhatsApp kini telah menjadi aplikasi android yang wajib terinstal di smartphone sobat. Bagaimana tidak, tanpa kita pungkiripun WhatsApp sudah banyak membantu kita dalam segala hal.

Banyak kemudahan yang diberikan ketika kita menggunakan WahtsApp, mulai dari sms, telpon, kirim pesan gambar / suara, video, dan lain sebagainya.

Tapi tanpa kita sadari, ternyata pesan gambar, suara, maupun video yang kita terima akan secara otomatis tersimpan di penyimpanan internal kita. Dan tak terasa pula tiba-tiba kapasitas penyimpanan membengkak.

Bagaimana tidak bengkak, kalau setiap foto yang diterima dll selalu tersimpan secara otomatis. kedepannya bukan cuma internalnya aja yang bengkak, tapi hp sobat juga bisa ikut-ikutan bengkak, hehehe.

Nah, untuk mengatasi hal semaca ini, sebenarnya cukup mudah. Karena secara umum pengaturan standard memang setiap media yang kita terima akan secara otomatis tersimpan. Kita hanya perlu merubah pengaturan tersebut, agar media yang kita terima tidak secara otomatis tersimpan.

Berikut caranya:

  1. Buka WhatsApp, lalu ketuk titik 3 yang ada dipojok kanan atas dan pilih Setelan
     
  2. Kemudian ketuk Penggunaan data dan penyimpanan 
  3. Pada bagian Unduh otomatis media, hapus semua tanda centang atau jangan beri tanda centang pada masing-masing koneksi. Lihat gambar.
     
  4. Ketuk OK untuk mengkonfirmasi.
  5. Done.

Dengan begitu, maka media yang diterima tidak akan didownload secara otomatis. kecuali sobat mengetuk / membukanya.

SEMOGA BERMANFAAT DAN MEMBANTU


Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA