Cara Membuka File / Berkas Menggunakan Terminal Linux

Cara Membuka File / Berkas Menggunakan Terminal Linux


Hal-hal yang sulit terkadang akan menjadi lebih mudah ketika kita telah terbiasa melakukannya, seperti halnya dalam menjalankan beberapa perintah pada Terminal. Mungkin untuk sebagian pengguna selain Linux menganggap bahwa Linux itu sulit untuk di operasikan, terlebih lagi jika sebagian kegiatan / aktifitas seperti menginstall software /aplikasi harus menggunakan konsol (terminal).

Namun berbeda halnya bagi pengguna Linux itu sendiri, mereka justru lebih nyaman jika menjalankannya menggunakan Terminal. Instalasi software, konfigurasi jaringan, file operation, dan lain sebagainya akan lebih menyenangkan melakukannya dengan menggunakan konsol.

Nah, kali ini saya akan share bagaimana agar menggunakan konsol dalam melakukan aktifitas menjadi lebih menyenangkan. Disini saya hanya berbagi tentang cara membuka file / berkas menggunakan Terminal di Linux, selain itu seperti file operation (copy-paste, rename, delete) akan dibahas dilain waktu.

Menurut saya cara ini sangatlah mudah dilakukan, apalagi jika dilakukan setiap saat maka sobat akan terbiasa menggunakan terminal dalam melakukan aktifitas lainnya. Oke, berikut adalah langkah-langkah bagaimana caranya menggunakan Terminal untuk membuka sebuah file:

Buka terminal lalu jalankan perintah berikut:

$ xdg-open nama_file

Contoh saya akan membuka file dengan nama file Dangdut_koplo.mp3, maka perintah yang digunakan adalah:

$ xdg-open Dangdut_koplo.mp3

Begitu juga untuk membuka file-file lainnya, tuliskan juga mana eksitensi dari file tersebut seperti *.mp3, *.avi, *.mp4, *.zip, *.odt dan lain-lain.

Untuk membuka file pada direktori / folder lain, sertakan juga nama dari folder maupun sub-folder tersebut. Contohnya saya ingin membuka file dengan nama jurnal.pdf yang berada di folder Dokumen > Kampus > Jurnal.pdf, maka perintah yang digunakan adalah:

$ xdg-open Dokumen/Kampus/Jurnal.pdf

Dan untuk file lainnya yang berada pada folder maupun sub-folder. Berbeda lagi jika sobat ingin membuka file dengan nama yang panjang dan mengandung spasi, gunakan simbol diakhir setiap kata dari mana file tersebut, penulisan perintahnya adalah seperti ini:

$ xdg-open nama_file

Sebagai contoh saya akan membuka file dengan nama open source.odt yang berada pada folder Tutorials > Definisi > open source.odt, maka perintah yang digunakan adalah:

$ xdg-open Tutorials/Definisi/open\ source.odt


Sekian tutorial cara menggunakan terminal linux untuk membuka file / berkas. Jika sobat ingin lebih mengerti atau belum mengerti, bisa melihat tutorial saya diyoutube disini.


SEMOGA MEMBATU DAN BERMANFAAT


Berkomentarlah sesuai artikel.
No spam, no SARA